INILAH SISTEMATIKA PTK YANG BENAR MENURUT LPMP
Sistematika Penulisan PTK-Penelitian Tindakan Kelas
HAKIKAT PTK
Penelitian
tindakan kelas atau yang lebih dikenal dengan sebutan PTK merupakan studi
sistematis yang dilakukan oleh guru dalam upaya memperbaiki
praktik praktik dalam pendidikan dengan melakukan tindakan praktis serta
refleksi dari tindakan tersebut. PTK tersebut dilakukan oleh guru
yang bertujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya sehingga
berfokus pada proses dan hasil belajar yang terjadi di kelas. Sebagai
upaya perbaikan terhadap proses pembelajaran di kelas, dalam PTK terdapat
tindakan nyata guru dalam proses pembelajaran yang diyakini lebih baik dari
biasa dilakukan. Guru yang profesional akan segera melakukan sesuatu tindakan
bila di kelasnya terjadi persoalan atau permasalahan yang mengurangi mutu
proses dan hasil pembelajaran.
RAMBU-RAMBU
SISTEMATIKA LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A. Judul; singkat,
spesifik, menggambaran masalah, tindakan, hasil, dan lokasi
B. Kata
Pengantar; berisi proses pelaksanaan PTK dan perlunya dilakukan PTK
C. Daftar isi
D. Abstak;
berisi uraian umum dan lengkap yang disajikan secara singkat (lebih
kurang 1-2 halaman, ditulis dengan spasi
tunggal,
E. Bab I
Pendahuluan
- Latar belakang; berisi tentang kondisi nyata berbagai hal yang terjadi di sekolah, bersifat penting dan mendesak untuk dipecahkan, upaya dan alasan pemecahan maslah, alasa mengapa maslah tersebut penting untuk dipecahkan.
- Rumusan maslah; kalimat tanya yang berisi tentang: indikator masalah yang akan dipecahkan, tindakan yang akan dilakukan, dan subyek yang akan dikenai tindakan.
- Tujuan: berisi tujuan umum, tujuan khusus atau cukup tujuan berisi tentang tujuan yang dapat diukur ketercapaiannya.
- Hipotesis: berisi dugaan sementara tentang hasil yang akan dicapai jika masalah tersebut digarap.
- Manfaat: berupa manfaat bagi siswa, guru, sekolah, atau komponen yang terkait. lebih baik kemukakan hal yang berupa inovasi.
F. Bab II Kajian
Teori
Berisi
tentang teori yang mendasari penelitian, yakni berkaitan dengan kondisi
pembelajaran.
Masalah yang akan dipecahkan, strategi yang akan digunakan, dan prestasi
belajar siswa yang diidealkan. Kajian teori tersebut paling tidak dapat
mengungkapkan tentang: What (apa) berupa definisi atau
pengertian, Who(siapa) berupa siapa penemu atau pendapat
siapa, Why (mengapa) mengapa teori itu ada, How (bagaimana)
teori itu digunakan atau hasil penelitian terdahulu (yang dilakukan orang
lain).
G. Bab III Metode
Penelitian
- Rancangan penelitian; berisi jenis penelitian, rancangan yang digunakan, siklus yang direncanakan, cara pengumpulan dan analisis data.
- Lokasi dan waktu penelitian; berisi tentang lokasi sekolah, kelas berapa, jumlah siswa, komposisi siswa, situasi lingkungan siswa, berapa lama penelitian dilakukan (sebutka antara waktu)
- Indikator keberhasilan; berisi berupa indikator keberhasilan yang menjadi acuankeberhasilan dalam setiap tindakan, berupa gradasi seperti (80-100: sangat berhasil, 60-79: berhasil, 40-59: cukup berhasil, 20-39: kurang berhasil, 0-19 : tidak berhasil, Kalu kemampuan kognitif yang diukur angka Kriteria Ketuntasan Minimal bisa dijadikan sebagai acuan.
- Prosedur penelitian (siklus tindakan); berisi tindakan tiap siklusnya, yang dalam setiap siklus berupa: kegiatan perencanaan, kegiatan pengamatan serta kegiatan refleksi, refleksi pada siklus pertama bisa dijadikan acuan untuk perencanaan tindakan pada siklus kedua dan seterusnya.
- Instrumen yang digunakan; berisi paparan tentang alat pengumpulan data yang digunakan dan alasan penggunaannya, yang meliputi pedoman observasi, alat perekam, dll.
- Teknik pengumpulan data; berisi paparan tentang langkah-langkah dalam elaksanaan pengamatan, wawancara, pemberian evaluasi, dll.
- Teknik analisis data; berisi paparan tentang proses pengolahan data, yang meliputi reduksi data, pembuatan tabel, pembuatan diagram, dll.
H. Bab IV Hasil Penelitian
dan Pembahasan
Berisi
hasil pengamatan dan observer, analisis data dan refleksi dari kegiatan dalam setiap
siklus. Hasil refleksi merupakan rencana tindakan dalam tiap siklusnya.
Hasil pengamatan berupa tindakan guru dan kegiatan siswa.
I. Bab V
Simpulan dan Saran
Berisi
simpulan dari penelitian dan saran tindakan perbaikan atas hasil penelitian
(bisa berupa rekomendasi)
Sumber :
Buku Karya Tulis Ilmiah (KTI) Panduan, Teori, Perlatihan dan Contoh
Prof.
Dr. H. Imam Suyitno, M.Pd Guru Besar Fakultas Sastra Universitas Negeri
Malang 234 halaman
Penerbit
Aditama Tahun 2011
SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL
DAN LAPORAN PTK
1. Penulisan
Proposal PTK
Sistematika
proposal penelitian tindakan kelas dapat dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu
bagian awal, bagian inti. Masing-masing bagian dapat dirinci sebagai berikut.
Laporan hasil PTK terdiri atas tiga bagian utama, yaitu:
(1)
Bagian awal,
(2)
Bagian inti, dan
(3)
Bagian akhir
A. Bagian
Awal memuat:
Halaman
Sampul; Lembar Logo; Halaman Judul; Lembar Persetujuan terdiri dari: (a) Lembar
persetujuan pembimbing, (b) Lembar persetujuan dan pengesahan; Kata Pengantar;
Daftar Isi; Daftar Tabel; Daftar Gambar/Bagan; dan Daftar Lampiran.
B. Bagian
Inti memuat:
BAB
I PENDAHULUAN
- Latar Belakang Penelitian.
- Rumusan Masalah
- Tujuan Penelitian.
- Hipotesis Penelitian (jika ada)
- Kegunaan Hasil Penelitian
- Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian
- Definisi Operasional
BAB
II KAJIAN PUSTAKA
BAB
III METODE PENELITIAN
- Pendekatan dan Jenis Penelitian
- Kehadiran dan Peran Peneliti
- Lokasi Penelitian
- Subjek Penelitian
- Data dan Sumber Data
- Pengumpulan Data
- Analisis Data, Evaluasi dan Refleksi
- Tahap-Tahap Penelitian
2.
Penulisan Laporan Hasil PTK
Sistematika
penulisan laporan hasil penelitian tindakan kelas dapat dibagi menjadi tiga
bagian utama, yaitu bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir.
Pada bagian inti, penulisan laporan hasil PTK dilakukan dengan menambah bagian
Bab IV, Bab V dan Bab VI saja seperti dibawah ini.
BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN
- Pengamatan Pendahuluan
- Paparan Data
- Analisis Data
- Temuan Penelitian
- Evaluasi
- Refleksi
- Tindak Lanjut
BAB V PEMBAHASAN
BAB VI PENUTUP
- Kesimpulan
- Saran-Saran
C. Bagian
Akhir memuat:
Bagian
akhir laporan PTK berisi:
DAFTAR
RUJUKAN;
PERNYATAAN
KEASLIAN TULISAN;
LAMPIRAN-LAMPIRAN;
RIWAYAT
HIDUP PENULIS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar